Kesehatan

Regulasi kefarmasian yang selalu berkembang membuat apoteker harus terus mengikuti perkembangannya. Perpanjangan Surat Izin Apotek (SIA) erat kaitannya dengan Surat Izin Praktek Apoteker (SIPA) dan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) dengan masa berlaku 5 tahun. Selain itu, ada juga regulasi dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Beberapa Pedagang Besar Farmasi (PBF) enggan memberikan obat prekursor jika SIPA habis. Selain itu, rekomendasi bentuk apotek atau klinik akan ditentukan oleh dinas kesehatan setempat yang berpengaruh terhadap rekomendasi dari IAI.

Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan saat membuka apotek. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam bisnis apotek.

Peluangnya Besar, tidak bisa dipungkiri bahwa obat selalu menjadi kebutuhan bagi masyarakat yang ingin menjaga kesehatan dan mengobati sakit. Dengan bisnis apotek tentunya menjadi peluang bisnis yang besar apalagi perputaran uang di bisnis ini juga tergolong cepat. Bisnis apotek juga tidak dipengaruhi oleh musim jadi setiap hari Anda bisa menghasilkan pemasukan. Membuka apotek adalah jenis bisnis yang akan laku setiap saat dan risiko tidak lakunya minim. Terlebih jika Anda melayani sistem online pasti perkembangan bisnis ini semakin cepat.

Usaha apotek adalah pilihan bisnis tepat karena termasuk dalam bisnis yang mudah dijalankan. Hal ini karena dalam menjalankan bisnis ini tidak memerlukan proses produksi dan melibatkan banyak karyawan. Risiko gagal dalam bisnis ini juga rendah karena apotek selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Selain tipe bisnis yang mudah dijalankan bisnis ini juga praktis namun keuntungan yang bisa Anda kantongi besar jumlahnya. Menjalankan bisnis ini Anda perlu paham manajemen pengelolaan yang baik dan minimal tahu tentang kegunaan obat-obatan yang akan dijual. Namun untuk menghindari adanya kekeliruan resep obat jika Anda tidak mempunyai background farmasi bisa mencari Apoteker kredibel untuk ditempatkan di apotek.

Dalam memulai usaha apotek untuk pemula Anda juga harus segera mengurus perizinan pendirian dan izin operasinya ketika semua persiapan sudah selesai. Mempunyai izin legal pendirian usaha juga menjadikan pelaku usaha mendapatkan kepercayaan calon konsumen. Mengurus perizinan membutuhkan waktu cukup lama untuk menyiapkan dokumen yang dipersyaratkan. Namun berbekal dengan konsultasi dengan ahlinya Anda bisa menyiapkan dokumen tersebut lebih cepat karena sudah paham persyaratan dan alurnya. Dokumen yang diminta saat mengajukan surat izin apotek (SIA) meliputi surat permohonan, KTP, KK, NPWP, dokumen lingkungan, akta tanah pendirian bangunan atau bukti sewa bermaterai dan persetujuan warga di lingkungan yang dekat lokasi apotek. Selain itu Anda juga perlu mengajukan proposal teknis sesuai aturan yang diminta. Anda juga harus mengurus SIPA (izin praktik Apoteker) dan SIP kefarmasian, dan menyerahkan surat permohanan untuk mengikuti aturan yang ditetapkan bermaterai.

Info Lebih Lengkapnya Bisa Hubingi Kami di Bawah Ini